Pemkab Pakpak Bharat Siap Terapkan Aplikasi e-Kinerja Versi Terbaru


Setelah lebih dari 2 tahun menggunakan aplikasi e-Kinerja, atau aplikasi penilaian kinerja pegawai yang bermuara pada tunjangan penambah penghasilan (TPP), Pemkab Pakpak Bharat selanjutnya akan menggunakan aplikasi model terbaru yang dikeluarkan oleh BKN. “Tiga tahun e-Kinerja kita terapkan di Pemkab Pakpak Bharat, sudah saatnya kita butuh penyesuaian disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kondisi kekinian”, demikian diutarakan Asisten Pemerintahan, Drs. H. Tekki Angkat, saat membuka secara resmi Pendampingan dan Bimbingan Aplikasi e-Kinerja Lingkup Pemkab Pakpak Bharat di Bale Sada Arih, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak, pada Rabu (06/11), yang melibatkan para pejabat terkait serta para pelaksana.


Secara filosofis, Asisten Pemerintahan menyampaikan bahwa kita harus mampu mengikuti perubahan. “Jika tidak maka kita yang dirubah dan akan tergilas oleh zaman”, tuturnya seraya menegaskan bahwa kuncinya semua ada pada perilaku kita. “Sebagus apapun aplikasi teknologi yang kita gunakan, jika manusianya tidak mau patuh pada aturan, maka semua akan sia-sia”, tambah Asisten dan menyebutkan bahwa sesungguhnya ASN harus siap diatur karena pada intinya ASN diformat oleh peraturan.


Beberapa perubahan fundamental yang terjadi pada aplikasi terbaru ini adalah aplikasi tersebut akan langsung terkoneksi dengan cascading untuk SKP, dan bisa langsung untuk print out SKP. Selain itu penilaian juga bersifat komprehensif, yang berarti dari segala sisi bisa dinilai.


Untuk narasumber, pihak Bagian Organisasi Setda yang menjadi leading sector kegiatan ini menghadirkan Kepala Seksi Pengelolaan Database Penilaian Kinerja Peg. ASN, Direktorat Kinerja ASN, BKN,  Anjar Dwi Antara, SIP, MA. Beliau banyak memberikan deskripsi yang menarik terkait e-Kinerja yang dibarengi pengalamannya. Ragam pertanyaan muncul terkait perubahan ini dan semua diusahakan dijawab dengan baik oleh narasumber. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)