Pemkab Pakpak Bharat Hadiri Asistensi SPBE


Dalam rangka memantapkan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau lebih dikenal dengan lazim disebut e-Government, Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi RI menyenggarakan asistensi implementasi SPBE bagi seluruh instansi pemerintah.  Asistensi ini berlangsung secara bertahap dan kelompok seperti yang digelar terakhir di Bandung (2-3 Sept 2019) kemarin, dimana bagi instansi yang mendapat nilai indeks kategori "Baik" di kelompokkan menjadi satu.


Guna menghadiri acara tersebut utusan Pemkab Pakpak Bharat sendiri dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Aryanto Tinambunan, SP, M.Si bersama Kabag Organisasi Sekretariat Daerah, Chairul F. Pane.


Arianto menilai Pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah Daerah ini ditujukan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Agar pelaksanaan SPBE dapat berjalan untuk mencapai tujuannya, maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dari pelaksanaan SPBE di setiap Pemerintah Daerah.


Menurutnya juga acara ini sangat penting karena para instansi bebas menanyakan terkait indikator-indikator SPBE yang memiliki nilai rendah sehingga mempermudah pemahaman terkait semua indikator.


Dari asistensi yang diperoleh pada acara ini Aryanto mengatakan yakin dapat meningkatkan raihan predikat “BAIK” pada evaluasi yang akan diadakan diwaktu mendatang, walaupun sebelumnya Pemkab Pakpak Bharat telah berhasil meraih Predikat "BAIK" dengan nilai 3,19 dari skala 5,00 terkait penyelenggaraan SPBE pada bulan Maret lalu di Jakarta.


“Kita akan berusaha sebaik mungkin agar Kabupaten Pakpak Bharat mendapatkan predikat yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya dalam penilaian yang akan dilakukan di waktu mendatang.” Ungkap Aryanto Tinambunan, SP, M.Si.