PJ Bupati Hadiri Konsultasi Regional Rencana Awal RPJMN 2020-2024


Dalam rangka koordinasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA, menghadiri Konsultasi Regional Rencana Awal RPJMN yang diselenggarakan di Hotel Adimulia Medan pada Selasa (13/08).


Konsultasi regional ini bertujuan untuk menyelaraskan target agenda pembangunan nasional dan pembangunan daerah per- pulau besar. Konsultasi regional Sumatera ini diikuti Kabupaten dan Kota yang berada di 10 Provinsi sekaligus bersama Pemerintah Provinsi, serta para Kepala Bappeda se-Pulau Sumatera.


Dalam acara yang dibuka secara resmi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro tersebut, beragam usulan tampak dimasukkan dari berbagai daerah termasuk dari Kabupaten Pakpak Bharat yang merupakan penyelarasan dari RPJMD Kabupaten Pakpak Bharat.


Pertemuan yang menghadirkan para Kepala Daerah se-Pulau Sumatera ini merupakan amanat Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dimana Kementerian PPN/Bappenas menyiapkan Rancangan Awal RPJMN sebagai penjabaran dari Visi, Misi, dan Program Presiden ke dalam Strategi Pembangunan Nasional, Kebijakan Umum, Program Prioritas Presiden, serta Kerangka Ekonomi Makro dan Arah Kebijakah Fiskal.


Kementerian PPN/Bappenas juga direncanakan akan menyelenggarakan serial Konsultasi Regional per - Pulau Besar, sehingga diharapkan tujuan Konsultasi Regional tersebut dapat menyelaraskan target agenda pembangunan nasional dengan pembangunan daerah per Pulau Besar. Masing - masing Gubernur serta para Bupati dan Walikota juga akan memberikan tanggapan singkat terhadap Rancangan Teknokratik RPJMN 2020 - 2024 dalam forum tersebut. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)